Tkj1 I.T one the geng

Senin, 10 Desember 2012

CEO Nokia – Stephen Elop: Apple Yang Membuat Android

Pada ajang Open Mobile Summit yang berlangsung di London hari ini, CEO Nokia Stephen Elop memaparkan alasan pemilihan Windows Phone 7 (WP7) di handphone Nokia ketimbang meneruskan Symbian dan MeeGo, ataupun bergabung dengan OS Android.

Symbian merupakan OS yang paling banyak digunakan di dunia dan sangat berperan dalam kesuksesan Nokia beberapa tahun kebelakang, tapi sekarang eranya telah berubah. Sementara tantangan yang dihadapi MeeGo adalah biaya yang dibutuhkan sangat besar untuk pengembangan maupun penetrasi pasar, dan kami tidak yakin MeeGo dapat cepat diterima oleh pasar.

Sementara untuk penolakan memakai OS Android di handphone Nokia berikut penuturan Stephen Elop :

Apple yang membuat Android, atau setidaknya Apple-lah yang membuat kondisi sehingga Android dapat tercipta. Orang-orang tidak ingin ikut dengan aturan yang dibuat Apple, dan mereka harus melakukan sesuatu yang lain. Saat Google maju dan mengembangkan Android — mereka (para vendor) pun turut serta ke dalam ‘kereta Android’
Dan jika kita menghitung baris kode yang ada di Android, kita akan memiliki perspektif berbeda mengenai seberapa terbukanya Android. Android memiliki banyak baris kode yang diambil dari source code software berbayar (proprietary)
Pernyataan Stephen Elop diatas sekaligus menyindir vendor Samsung dan HTC yang saat ini dituntut Apple karena diklaim melanggar paten.

Stephen Elop nokia ceo

Mengenai prospek ‘Windows Phone 7′ di handphone Nokia, Elop dengan yakin berujar “Windows Phone 7 lebih baik dari Android ataupun iPhone berdasarkan penilaian konsumen. Para vendor lain memberikan konsentrasi penuh ke Android, dan untuk Nokia konsentrasi kerja kami akan sepenuhnya ke Windows Phone.”

Perlu diingat untuk pembaca Blog Tkj1, bahwa ini adalah pernyataan seorang CEO yang pernah bekerja untuk Microsoft sebagai Head of Business Division, dan kita bisa menganggap pernyataan Stephen Elop sebagai orang yang tahu benar kehandalan Windows Phone 7 atau bisa juga sebagai orang yang masih loyal terhadap Microsoft.

Menarik untuk ditunggu apakah langkah Nokia memakai WP7 akhirnya akan membangkitkan kembali pangsa pasar Nokia di handphone high-end, atau akan semakin membuat Nokia tertinggal jauh dari para kompetitornya.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut