Tkj1 I.T one the geng

Jumat, 30 Maret 2012

Jenis² Komputer Yang Perlu Kita Kenal

Pada periode terdahulu, komputer dapat dikelompokkan ke dalam kriteria mikrokomputer, super minikomputers, mainframes, dan superkomputer. Tetapi, pada perkembangan saat ini, klasifikasi ini tidak lagi relevan. Berdasarkan model dan manfaatnya, saat ini jenis-jenis komputer dapat dikelompokkan sebagai berikut :

1. Palm PCs atau Simputer
Yaitu mini komputer yang dulu kita kenal sebagai PDA. Palm PC menggunakan prosessor mini tingkat tinggi yang menggunakan input dari pena elektronik. Palm PC menggunakan Windows CE sebagai sistem informasinya. Kompatibilitas Palm sebagai mini komputer patut diacungi jempol karena kemampuannya untuk diintegrasikan ke dalam media tambahan seperti faximile dan printer.
2. Laptop
Variasi laptop saat ini sudah berkembang semakin maju. Setelah teknologi laptop yang berdiameter hingga 5 cm, saat ini inovasi bentuk laptop dapat ditemukan hingga ketebalan terkecil, 3 mm. Hal ini juga didukung dengan semakin lengkapnya kompatibilitas laptop dalam mendukung aktivitas sehari-hari, termasuk dengan adanya laptop yang sudah dilengkapi dengan modem internal.
3. PC (Personal Computer)
Salah satu model komputer yang lazim dikenal sejak lama. PC merupakan perangkat komputer yang terdiri dari satu layar monitor dan satu CPU, biasanya PC dilengkapi juga dengan perangkat tambahan seperti web camera, printer, speaker multimedia, dan modem. Pada awal perkembangannya, ketersediaan RAM untuk komputer hanya sebesar 32 MB, namun seiring dengan semakin banyaknya variasi multimedia file, maka saat ini ketersediaan RAM untuk komputer telah mencapai 4 GB. Hal ini juga ditambah dengan semakin besarnya kapasitas disk penyimpan hingga 1 Terrabyte.

4. Server
Server adalah jenis komputer yang memiliki fungsi khusus sebagai penyokong bagi operasi komputer yang ada di bawah kendalinya. Lazimnya, server memiliki spesifikasi yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan PC. Selain itu, pada umumnya fungsi server tidak dapat digunakan secara aktif dan multifungsi sebagaimana PC biasa, sehingga dapat dikatakan server adalah perangkat komputer yang paling pasif.
5. Superkomputer
Komputer jenis ini dinamakan super komputer karena memiliki peran yang sangat super sebagai sarana penghitung data dan pemrosesan. Super komputer biasanya hanya ditemui di institusi-institusi penting seperti CIA dan instansi militer. Kemampuan super komputer dapat dikatakan 1000 kali lebih tinggi dari komputer biasa.
6. tablet PC
Era komputer saat ini telah menuju kepada era portable. Tablet PC adalah salah satu inovasi tercanggih tahun ini. Tablet PC merupakan pernikahan sempurna antara laptop dan palm PC. Dianugrahi dengan kemampuan dan fasilitas multifungsi yang sangat kompleks, dapat dikatakan tablet PC merupakan gadget yang semakin populer di masa datang. (m.i)

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut