Tkj1 I.T one the geng

Senin, 10 Desember 2012

Komputer Mini Terkecil Seukuran Jari Manusia

Dikutip Blog Tkj1 dari BBC Blog, developer game kenamaan David Braben (pembuat seri game Rollercoaster Tycoon, Thrillville, Lost Winds, dan Kinectimals) mendomenstrasikan Komputer kecil ini di BBC, dan mengklaim harga yang dibutuhkan untuk membuatnya hanya sebesar UK£15 / US$25 (sekitar 200 ribu rupiah).

Harga komputer mini ini bahkan lebih murah dari harga laptop program OLPC (One Laptop per Child) yang menjual Laptop di negara berkembang dengan kisaran harga US$200.

Komputer / PC mini ini saat dibongkar hanya terdiri dari sirkuit board kecil, sebuah USB port, dan konektor HDMI.

Komputer mini ini sangat kecil, tidak lebih besar dari ukuran jari manusia, malah lebih mirip USB Flash Disk daripada PC komputer.

Raspberry Pi Komputer mini

Spesifikasi Hardware yang ada di PC mini ini ditenagai dengan prosessor ARM11 700MHz, RAM 128MB dan berjalan pada mode OpenGL ES 2.0 dengan output 1080 pixel, ruang penyimpanan SD Card, dan sumber daya 5V diambil dari pin HDMI.

Raspberry Pi menjalankan Linux Ubuntu

Saat dikoneksikan ke keyboard dan Monitor, layar monitor segera hidup dan mampu menjalankan Sistem Operasi Linux Ubuntu.

Pendistribusian “Komputer mini” Raspberry Pi direncanakan David Braben dimulai 12 bulan kedepan melalui organisasi non-profit Raspberry Pi Foundation dan akan didistribusikan dengan OS Linux Ubuntu.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut